Latar Belakang dan Dasar Hukum

Operator Sid Desa Bentek 21 Oktober 2016 01:12:48 WIB

1.1.           Latar Belakang

Sesuai dengan amanat UU No. 6 Tahun 2014 yang secara substansi memberikan pengakuan terhadap desa melalui empat kewenangan yang dimiliki desa, yaitu: Pertama kewenangan di bidang pemerintahan desa. Kedua, kewenangan di bidang pembangunan desa. Ketiga, kewenangan di bidang pemberdayaan masyarakat, dan Keempat di bidang pembinaan masyarakat.

UU No. 6 Tahun 2014 merupakan momentum penting bagi desa untuk memaknai empat kewenangan tersebut, sebagai jalan menuju kesejahteraan dan kemandirian desa. Desa-desa yang sukses dan berhasil membangun tatakelola pemerintahan yang baik, dan sukses meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui pengelolaan keuangan desa, adalah desa – desa yang memiliki penyelenggara pemerintahan desa yang punya kapasitas kepemimpinan yang inovatif,  yang didukung oleh sistem informasi dan profil desa yang baik, sebagai upaya terwujudnya cita – cita kemandirian dan kemajuan desa.

Untuk mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral sesuai dengan Peraturan PERMENDAGRI No. 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan maka desa penting melakukan penyusunan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Profil Desa dan Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi Data Dasar Keluarga, Potensi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Kelembagaan, Prasarana Dan Sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi Desa dan Kelurahan.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek untuk data potensi desa maka diperlukan kegiatan pendataan Potensi Desa Bentek di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Berbasiskan Teknologi Informasi Geospasial yang saling terintegrasi untuk menunjang kegiatan Potensi Desa sehingga masyarakat maupun pihak – pihak yang berkepentingan dapat melihat secara jelas

 

lokasi dan model potensi desa yang terdapat di Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.

1.2.           Maksud, Tujuan & Sasaran

1.2.1.     Maksud

Maksud dari pekerjaan Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ini adalah:

  1. Mendorong Percepatan Penyelesaian Penyusunan Profil Desa Bentek.
  2. Memberikan informasi potensi Desa Bentek secara spasial dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Geospasial.

1.2.2.     Tujuan

Adapun tujuannya adalah tersusunnya Data Potensi Desa Bentek berbasiskan Sistem Informasi Geospasial yang terukur untuk mendukung Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.

1.2.3.     Sasaran

Sasaran dari Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ini, akan dicapai melalui kegiatan dengan beberapa sasaran, yaitu :

  1. Tersusunnya Peta Potensi Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.
  2. Tersusunnya Form Potensi Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara sesuai dengan form Lampian II Daftar Isian Potensi Desa dan kelurahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

1.3.           Ruang Lingkup

1.3.1.     Lingkup Wilayah

Lingkup lokasi pekerjaan ini adalah meliputi wilayah Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara.

1.3.2.     Lingkup Kegiatan

Dalam rangka pencapaian tujuan pekerjaan Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, maka ruang lingkup kegiatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan pengumpulan data dasar yang dibagi atas dua bagian yaitu Data Primer dan Data Sekunder.
  2. Data Primer dilakukan dengan survey lapangan dan Focus Group Discussion (FGD).
  3. Data Sekunder yaitu Interpretasi Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) yang sudah di orthorektifikasi, Rupa Bumi Indonesia (RBI), Profil Desa Tahun Sebelumnya.
  4. Melakukan proses digitasi toponimi, jaringan jalan, potensi desa.
  5. Melakukan analisa data potensi desa.
  6. Membuat peta potensi desa yang berisikan informasi : Potensi umum, pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, bahan galian, sumber daya air, kualitas udara, kebisingan, ruang publik/ taman, potensi wisata.
  7. Melakukan verifikasi lapangan dan verifikasi peta.
  8. Membuat hasil peta kedalam bentuk album peta ukuran A3.

1.4.           Dasar Hukum

  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan;
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Ketelitian Peta;
  • Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Standar Prosedur Penyimpanan Dan Mekanisme Penyimpanan Untuk Pengarsipan Data Geospasial Dan Informasi Geospasial;
  • Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa
  • Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Informasi Geospasial;
  • Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Ketelitian Peta Dasar.
  • Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah;
  • Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN)
  • Standar Nasional Indonesia (SNI) 8202:2015 Tetang Ketelitian Peta Dasar;
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000; dan
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

1.5.          Sistematika Pembahasan

Sistematika pembahasan yaitu membahas mengenai garis besar pekerjaan terkait Penyusunan, Pendataan dan Pemutakhiran Profil Desa Bentek - Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

BAB 1 Berisikan latar balakang dari pekerjaan, tujuan dan sasaran, lingkup pekerjaan, dasar hukum yang digunakan dalam pekerjaan, dan sistematika pembahasan.

BAB 2 GAMBARAN UMUM WILAYAH

BAB 2 Menjelaskan batas administratif, batas fisik wilayah perencanaan, kondisi dari wilayah perencanaan, penggunaan lahan serta struktur ruang dan kebijakan yang berlaku di wilayah perencanaan yang ada di Desa Bentek – Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara.

BAB 3 METODOLOGI

BAB 3 Menguraikan secara sistematis mengenai metode pendekatan pelaksanaan pekerjaan, meliputi metodologi survey dan pengumpulan data serta metodologi pengerjaan.

BAB 4 PROFIL DESA BENTEK

BAB 4 Menjelaskan mengenai profil Desa Bentek terkait potensi desa mengenai sumber daya alam, potensi sumber daya manusia, potensi kelembagaan, dan potensi sarana dan prasarana.

 

 

 

 

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

VIDEO DESA

https://www.youtube.com/watch?v=oOyGK_lSUVY&feature=youtu.be

Lokasi Bentek

tampilkan dalam peta lebih besar